SELAMAT DATANG DI COYO BLOG. SEMOGA BERMANFAAT. JANGAN LUPA YA ISI KOMENTAR. MATUR TENGKYU ........ c o y o: IDM versi linux

Rabu, 11 Januari 2012

IDM versi linux

Di windows ada IDM klo di linux apa ya???
mungkin pengguna linux yang masih belum tau tool yg mungkin bisa digunakan sebagai alternatif pengganti IDM, yakni axel. download axelerator ini prinsipnya hampir sma dengan IDM yaitu memecah beberapa paket file yg didonlot dengan memaksimalkan bandwith. seperti dengan wget, axel dijalankan melalui konsol. uniknya, kita dapat menset proses download kita sesuai dengan keinginan, misal hany membagi beberapa thread, ato membatasi bandwith yang dipakai agar tidak memakan space bandwith. dalam repository ubuntu 11.10 axel sudah ada, jdi tinggal apt-get install axel, axel sudah otomatis terinstall. namun bagi distro linux yang belum ada dalam repository, situs axel, http://axel.alioth.debian.org/ memberikan file .deb ato file binary, jadi tinggal milih aja. klo menganbil file tar.gz ato bz2 bisa dilakukan cara berikut.


1. download file axel http://alioth.debian.org/frs/?group_id=100070 tinggal milih mau versi yang mana ( saya ambil yang versi 2.4 )

2. extrak file yang sudah didownload
tar -zxvf axel-1.0b.tar.gz

3. konfigure file kemudian diinstall
$./configure
$sudo make install

Cara menggunakannya tinggal kita ketik di console
axel <url>
klo yang didonlot lebih dari 1 file
axel <url1> <url2> <url3>
ingin membatasi kecepatan donlot todak lebih dari 3kb
axel -s 3000000 <url>
ingin membatasi jumlah threads = 3
axel -n 3 <url>
ingin merubah nama file yang didonlot
axel -o output_file.ext <url>
menampilkan informasi dari masing-masing threads
axel -a n 3<url>

screenshotnya


menyenangkan bukan.... :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar